Rabu, 31 Oktober 2012

Kumpulan Puisi Engrike Keintjem (Siswi kelas 9 SMP Kristen Tondei)


Uang

[Engrike Keintjem]

Saat aku ingin berbelanja
Kaulah yang selalu ku beri
Kau sangat berguna bagi kami
                Uang,
                Kau selalu ada di mana-mana
                Bahkan di dompet ayahku
                Kau juga ada
Uang,
Kaulah sumber kebutuhan kami…
Semua orang bekerja keras
Hanya untuk mendapatkan
Engkau…
                Uang,
                Tapi kadang kau yang menjadi
                Sumber masalah bagi kami
                Banyak orang yang selalu salah
                Menggunakan engkau
Baik untuk kejahatan, pembunuhan
Dan banyak orang juga yang
Menjadi berdosa karena selalu
Mengambil engkau dari orang lain
                Uang,
                Banyak orang yang telah
                Memiliki engkau…
                Tapi,…
                Banyak orang juga tidak
                Memiliki engkau
Uang,
Aku selalu ingin kau selalu
Ada untuk semua orang…
Dan, menjadi sumber kehidupan
Bagi kami
                Uang,
                Teruslah ada untuk kami
                Agar kami bias terus
                Hidup…dan menikmati
                Indahnya hidup

Tondei, Rabu 5/9/2012


Alam

Saat ku rasakan nyamannya
Tinggal di dekatmu…
Aku selalu ingin terus-menerus
Berdekatan denganmu
                Alam, karena dirimulah aku
                Sering mendapat inspirasi
                Aku menggunakan dirimu
                Sebagai tempat pengetahuanku
Tapi, kadang kala
Kebanyakan orang sering
Merusak engkau dan
Menjadikan engkau
                Sebagai tempat pelampiasan mereka
                Karena itu juga yang menciptkan
                Sering marah karena ulah kami
Alam, maafkanlah kami
Karena sering memperburuk dirimu…
                Alam, teruslah bersamaku
                Di akhir hayat nanti

6/9/2012
6/9/2012

Pramuka

Dari banyaknya kegiatan
Sekolah yang ada
Hanya kaulah yang
Sangat kugemari
                Pramuka
                Kau selalu mengajarkan aku
                Akan rasa kekompakkan, persaudaraan
                Bahkan kebersamaan
Pramuka
Kau juga mengajarkan aku
Tentang kemandirian dan
Tidak bergantung pada orang lain
                Jiwa pemberani, penolong, ksatria
                Pahlawan selalu ada padamu
Pramuka
Kau mengajarkan aku
Tentang rasanya berbagi
Kepada sesame teman
                Teman
                Teruslah melekat pada diri
                Dan jiwaku
6/9/2012

Nasihat

Pada waktu ayahku
Mengajarkan artinya engakau…
Pada waktu itu juga
Aku sering menghiraukan engkau…
                Tapi, apa yang sering aku
                Dapat saat menghiraukan
                Engkau
Aku sering mendapat
Ganjaran yang setimpal
Karena sering menghiraukan
Engkau…
                Nasihat
                Maafkalah aku karna sering
                Tidak  menghiraukan engkau…
                Aku akan berjanji tuk
                Tidak menghiraukan engkau lagi…
Karena tanpa kau
Hidupku terasa tak
Berguna…
6/9/2012

Ilmu

Ilmu bagaikan perisai bagiku
Kemanapun ku berada
Ku selalu membutuhkan engkau….
                Kau selalu membuat diriku
                Terasa berani dan kelihatan
                Seperti dihormati
Ilmu
Setiap orang yang bertanya
Tentang apapun aku
Selalu terlihat brani menjawabnya…
Itu semua karna kau
                Selalu bersarang di diriku
                Kau membuat diriku selalu
                Ingin tahu tentang apapun
Ilmu
Tanpa dirimu aku terlihat
Seperti orang yang bodoh
                Ilmu
                Teruslah ada padaku dan
                Tetap bersarang di diriku

6/9/2012

Sepatu

Ketika diriku ingin pergi
Ka selalu ada bersamaku…
Kau coba melindungi kakiku
Agar tak terkena panas…
                Sepatu
                Tanpa dirimu aku tak berani
                Keluar rumah..
                Kau selalu rela dirimu saja
                Yang terkena panas
Kau selalu ku injakkan
Kemanapun ku berada
Bahkan dengan semau
Keinginanku sendiri
                Sepatu
                Kau selalu menemani harihariku
                Bahkan kau tak bosanbosannya
                Bersamaku
Sepatu
Teruslah menjadi sahabatku
Sampai aku tua nanti

Tondei ,7/9/2012

Bendera

saat ku mulai bersekolah
aku sering melihat dirimu
yang selalu berkibar tanpa
henti-hentinya
                setiap hari senin kami
                mengadakan upacara…hanya
                untuk mengenang jasa-jasa orang
                yang telah mendirikan engkau…
bendera
kau adalah lambang kemerdekaan kami
kau adalah lambang negara kami dan
kau adalah lambang keberanian
dan kesucian kami
                bendahara
                teruslah berkibar di ujung
                tiang yang tinggi di
                Negara tercinta ku ini

Tondei ,7/9/2012

Musik

Saat diriku merasa kesepian
Kau selalu ada untuk ku
Dengar…
Kau selalu menjadi sumber inspirasi bagiku…
                Kau seolah-olah membawaku
                Ke duniamu dan mengikuti
                Irama jejak hidupmu…
Kau selalu membuatku
Merasa bahwa aku
Sama seperti dirimu
Yang selalu membuat
                Nada-nada yang indah
                Lagu-lagu yang merdu
                Bahkan
                Bunyi-buyi yang memukau hati
Musik
Selalu jadikan diriku
Sama sepertimu
Agar ku bias rasakan
Bagaimana jadi dirimu

Tondei ,7/9/2012

Mimpi

Saat aku ingin tidur
Aku selalu ingin kau
Datang menghampiriku…
                Aku ingin melihat apa
                Yang ingin aku lihat…dan
                Tak pernah ku lihat
Mimpi
Tanpa dirimu aku sama
Seperti dengan orang
Yang tak punya
Kebahagiaan dan kesuksesan
                Mimpi
                Tak semua orang bisa kau
                Datangi… tapi, aku
                Berharap kepada Tuhan
                Agar ka uterus mendatangiku
Setiap malam, bahkan
Setiap waktu…
Selalulah menjadi
Bunga tidurku

Tondei ,7/9/2012

Negara

kau tempat di mana
aku tinggal dan
di mana aku bertedu…
                kaulah tempat aku mengabdi
                dan tempatku mencurahkan
                isi hatiku
Negara
Jika kau tak pernah ada
Di manakah aku
Tinggal, dimanakah aku
Mengabdi…
                Negara
                Kau sangat ku dambakan
                Kau sangat ku cintai
                Dan kau sangat kukagumi
Negara
Teruslah menjadi kebanggaanku
Dan teruslah menjadi
Tempat tinggalku

Tondei ,7/9/2012

Senyum dan Semangat

Senyum
Kau bagaikan semangat bagiku
Di saat ada yang
Mematahkan semangatku
Tapi aku selalu melawannya
Dengan senyuman…
                Semangat
                Di saat ku mulai
                Lelah akan hidup ini
                Kau selalu mengingatkan
                Aku akan apa artinya
                Senyuman
Senyum
Teruslah menjadi semangatku
Dan
Semangat
Teruslah menjadi senyumku…

Tondei, 8/9/2012

Kupu-kupu

Aku sangat ingin sepertimu…
Kau bisa terbang, melayang,
Bahkan kau bisa apa
Yang ku tak bisa
                Kupu-kupu
                Ajarkanlah aku sama seperti
                Yang bisa terbang…dan
                Menikmati indahnya hidup ini
                Tanpa ada beban sedikitpun
Kupu-kupu
Sering aku katakana kepada
Orang-orang di sekitarku bahwa
Indahnya dan begitu
Senangnya menjadi dirimu
                Kupu-kupu
                Bawalah aku terbang
                Bersamamu dan jangan
                Antar aku pulang kembali…

Tondei, Selasa 11/9/2012

Lautan

Saat ku lihat engkau
Aku sering mengatakan
Betapa menakjubkannya
Engkau…
                Airmu yang segar…membuat
                Orang-orang sering terpesona akan
                Keindahanmu…
Ombakmu yang indah
Dilihat juga membuat
Aku kagum melihatmu…
                Tapi, terkadang ketika
                Tuhan marah karna kecerobohan
                Kami…kau selalu menjadi sumber
                Ketakutan bagi kami
Airmu yang segar terkadang
Masuk ke rumah-rumah warga
Ombakmu yang indah juga
Menghantam rumah-rumah warga
Dan itu membuat kami takut
                Lautan
                Janganlah menjadi bencana bagi kami
                Tapi, jadilah sumber kehidupan
                Dan ,kesenangan bagi kami…

Tondei, 11/9/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar